Divisi Kemanusiaan

Menjadi manusia adalah tentang mengasihi satu sama lain, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan sebagai perwujudan dari ketaatan dan kasih kita terhadap Tuhan, ini lah yang kemudian akan membedakan kita dengan makhluk lain. Dalam kehidupan sehari-hari, tak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang faktanya merasa tertolak oleh lingkungannya sehingga akhirnya memutuskan untuk melepaskan diri dan tinggal dialam yang lebih bebas. 

Keputusan ini tak dapat dijustifikasi salah atau benarnya. Yang harus kita sadari, ribuan bahkan jutaan anak diluar sana masih harus menyambung hidup mereka dengan mengamen dijalanan dan tinggal dibawah kolong jembatan. Tak hanya itu, banyak keluarga yang terpaksa tinggal ditempat-tempat yang tidak layak demi keberlangsungan hidup mereka. 

Pondok Kasih menyediakan Rumah Singgah bagi anak-anak jalanan serta lansia yang tidak mendapatkan tempat tinggal yang layak. Prinsip kekeluargaan yang kami bagunan telah menjadi pondasi terkuat kami untuk selalu melayani dalam lindungan dan kasih Tuhan. 

Kebutuhan manusia akan pendidikan juga tidak boleh terabaikan. Pondok Kasih memiliki Departemen Pendidikan dan Komunitas yang tugas utamanya yakni memenuhi kebutuhan pendidikan dari anak terlantar maupun saudara-saudara kita yang hidup di kuburan, kolong jembatan hingga dikomunitas kecil.

Kami memiliki Mobil Pintar yang membawa buku untuk anak-anak. Kami merasa senyum yang berhasil kami rajut diwajah mereka tak akan pernah pudar dan akan senantiasa membekas. Melihat antusiasme dan ketulusan mereka menyambut kehadiran kami setiap saat. Mobil Pintar tak hanya mengangkut buku, namun juga beberapa peralatan elektronik seperti Laptop. Sehingga mereka tidak tertinggal arus teknologi yang kencang. 

Departemen Kesehatan Komunitas, merupakan perwujudan dari perhatian kami terhadap keberlangsungan hidup saudara-saudara kita yakni masyarakat Pra-Sejahtera. Departemen ini menyediakan klinik kesehatan dengan harga terjangkau dan disediakan bagi mereka yang kurang tersentuh fasilitas kesehatan. Tak lupa kami juga bekerjasama dengan puskesmas setempat sebagai upaya perbaikan kualitas kesehatan mereka.

Departemen Pemberdayaan Komunitas, bertujuan untuk melebarkan sayap keterampilan dan kemampuan dari komunitas masyakarat pra-sejahtera. Didukung oleh eksistensi teknologi yang berkembang saat ini, kami menyediakan berbagai pelatihan keterampilan dan kewirausahaan untuk menunjang kehidupan mereka. Dengan memiliki keterempilan baru, taraf hidup mereka secara tidak langsung juga akan mengalami kenaikan.